Home » » Kecerdasan Finansial Dasar (H01S)

Kecerdasan Finansial Dasar (H01S)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Bismillahirrahmanirrahiiim, perkenalkan saya *Ervin Yunaeti* dari *Purworejo* admin group ini. Di group ini saya akan share semua yang berhubungan dengan rezeki sehingga kita lebih mudah mencari rezeki, insya Allah.

Ilmu yang kita pelajari berasal dari Robert. T Kyosaki dan mentor saya, dr. Sigit Setyawadi SpOG. Beliau adalah mantan dokter spesialis kandungan yang sukses beralih profesi menjadi bisnis owner dan investor.

Jika anda sudah lama bekerja keras, bahkan beberapa sudah berpenghasilan besar, tapi biaya hidup justru malah meningkat. Rasanya hidup seperti itu-itu saja dan tidak ada perubahan malah justru semakin rumit. Jika anda merasa demikian, maka anda perlu mempelajari Ilmu *Kecerdasan Finansial*

Sebenarnya jauh lebih penting memiliki kecerdasan finansial yg bagus dibandingkan memiliki ilmu mencari uang yg bagus. Fakta di dunia menunjukkan, mereka yg memiliki kemampuan mencari uang yg sangat bagus pun pada akhirnya kalah jauh dengan mereka yg cerdas finansial atau pandai mengelola uang.



*MASALAH*

Di seluruh dunia, pendidikan formal ditujukan untuk mendapatkan tenaga tenaga terampil untuk bekerja di pemerintah maupun swasta. Bahkan pendidikan bisnispun bukan melatih mereka untuk berbisnis sendiri. Tetapi melatih mereka untuk menjalankan bisnis orang lain. Alias menjadi pegawai, sperti manager, direktur, sales, promotor dll.

Sedangkan Nabi saya mengajarkan 9 dari 10 pintu rezeki ada di perdagangan. Jadi selama ini di pendidikan kita hanya diajarkan 1/10nya. Ditambah lagi tidak diajari bagaimana mengatur keuangannya setelah diperoleh. Kira kira parah apa tidak akibatnya ?

Sejak dahulu tidak ada satupun baik sekolah formal maupun informal yang mengajarkan bagaimana cara mengatur uang. Tetapi itu dulu, di grup Kami, kita akan pelajari solusi permasalahan tersebut *jika anda mengikuti programnya hingga tuntas*

*LIMA PERATURAN DASAR KEUANGAN*

Ada 5 dasar peraturan keuangan. Sayangnya kita nyaris salah di ke lima hal itu. Mungkin Anda tidak demikian, tetapi saya demikian sampai usia 30-an. Ke lima hal itu akan saya uraikan satu per satu besok. Tetapi untuk memenuhi keingin tahuan Anda, akan sy singgung sedikit sekarang.

Ke lima hal itu adalah :

*Peraturan 1*
*MENGETAHUI HARTA ANDA ASET ATAU BEBAN ?*

Banyak yg tidak bisa membedakan aset dan beban. Mereka mengira rumah yg dia tinggali itu aset. Mobil yg dinaiki itu aset. Akibatnya mereka berusaha terus membuat rumahnya lebih bagus, meningkatkan nilainya dan terus memperbanyak mobil.

*DEFINISI ASET DAN BEBAN*

*Aset adalah* segala sesuatu milik kita yang bisa memasukkan uang secara rutin ke kantong kita, sehingga jika kita memiliki banyak aset, tanpa bekerja pun uang terus mengalir ke kantong kita. Seperti saham, deposito, surat berharga lain, real estate, kos kosan, bisnis yg diurus orang lain, lahan produktif, ternak dll.

*Beban adalah* segala sesuatu yang menyebabkan kita harus mengeluarkan uang. Contoh beban misalnya rumah yg kita tinggali butuh pengeluaran listrik, air, pajak, mengganti cat, perbaikan lantai dll. Mobil yg kita pakai setiap bulanya butuh bensin, servis, pajak, cuci dll yang menyebabkan pengeluaran.

Seharusnya aset kita diperbanyak dan beban diperkecil (kotak hitam). Tapi yg terjadi sebaliknya yaitu beban yg diperbesar dan aset bahkan tidak terpikirkan (kotak abu abu).

Banyak sekali orang yang tidak mengerti tentang arus kas. Dikiranya kalau penghasilan kita besar, berarti kita kaya. Padahal tidak demikian.

Untuk bisa melihat apakah Anda orang miskin, orang kelas menengah atau orang kaya, *tidak bisa hanya* dengan melihat jumlah penghasilan. Yg lebih penting adalah dari mana uang itu berasal dan kemana mereka pergi. Arus uang itulah yg menentukan apakah Anda ini orang kaya atau orang miskin.

Penjelasan mengenai arus kas / keuangan akan kita bahas besok. Sekian untuk hari ini semoga bermanfaat. 

Salam sukses 🙏

0 komentar:

Posting Komentar