Home » » Mengatasi GERD atau Asam Lambung dengan Aman dan Cepat

Mengatasi GERD atau Asam Lambung dengan Aman dan Cepat

GERD atau Penyakit Asam Lambung atau biasa juga disebut Maag Kronis pada dasarnya bukanlah penyakit yang berbahaya jika kita tahu cara mengatasinya dengan benar.


Cairan asam lambung pada dasarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk mencerna makanan dan membunuh bakteri atau kuman penyebab penyakit. Cairan ini bersifat sangat korosif (merusak apapun yang terkena). Sifat korosif ini hanya bisa ditahan oleh dinding lambung. Jika sampai cairan asam lambung ini keluar dari lambung, maka akan berbahaya, karena bisa merusak atau melukai organ-organ yang dilaluinya.


Pada dasarnya semua orang di dunia ini punya potensi sakit maag. Ketika sudah jadwalnya mkan tetapi tidak ada makanan yang masuk ke lambung maka asam lambung akan mencerna apapun yang ada disitu, sehingga perut terasa perih kare lambung teriritasi oleh asam lambung.


Urutan dari terjadinya sakit maag adalah sebagai berikut. Karena seringnya terlambat makan lama kelamaan asam lambung sering tinggi, terjadilah sakit Maag. Lama-kelamaan katup lambung kita bocor karena terkena asam lambung yang naik. Rusaknya katup lambung ini membuat asam lambung naik ke eksofagus, maka terjadilah GERD. Gejalanya dada terasa sesak dan panas, pusing, sering sendawa.


Gejala penyakit asam lambung (GERD) mirip dengan gejala sakit jantung, sehingga pasien mengira dirinya sakit jantung. Perbedaanya pada perihnya perut pada GERD. Allah menciptakan organ tubuh kita saling berhubungan. Dan semuanya dikendalikan oleh otak, hati dan pikiran. Pada saat asam lambung naik sehingga dada panas. Eksofagus akan mengirim sinyal ke otak, adrenalin akan menghasilkan hormon yang menyebabkan panik atau stress. Akibatnya produksi asam lambung malah lebih meningkat lagi.

Selama penderita belum bisa mengatasi rasa panik dan was-was saat GERD kambuh, maka dia tidak akan bisa sembuh. Satu-satunya cara untuk memutus lingkaran setan tersebut adalah Anda harus belajar untuk menenangkan diri dan tidak mudah panik saat asam lambung naik.

Jika tidak bisa mengatasi rasa panik tersebut maka timbullah anxiety (kecemasan yang berlebihan). Jika lebih parah lagi timbul psikosomatis yaitu selalu mengait-ngaitkan segala yang dialami dengan kematian. 

Ada tiga langkah penting agar GERD segera sembuh. Bisa kita singkat menjadi 3P:
  1. Pola makan harus dijaga, hindari makanan yang asam, pedas, biji-bijian, soda, susu, coklat
  2. Pola pikir harus juga dijaga. Asam lambung bisa dikendalikan oleh pikiran kita. Jika Anda panik maka produksi asam lampung akan meningkat. So, saat asam lambung kambuh usahakan sekuat tenaga agar tidak panik. Usahakan kita selalu dalam keadaan bahagia. Bahagia akan membuat seluruh organ kita bekerja dalam keadaan normal dan sempurna.
  3. Pola hidup teratur. Pola hidup sangat berpengaruh kepada kesehatan kita. Usahakan istirahat cukup minimal 8 jam sehari. Tidur lebih awal (jam 8 malam usahakan sudah tidur). Tidur lebih awal akan memberikan kesempatan kepada lambung untuk meregenerasi sel-selnya yang rusak akibat penyakit asam lambung.
Baca Juga:

Jika Anda susah sekali untuk tenang saat asam lambung (GERD) kambuh, maka kami sangat merekomendasikan HGH II. HGH II sangat cepat membuat pikiran kita menjadi tenang sehingga produksi asam lambung akan turun. HGH II bisa dipesan di 081328379483 (Tlp, SMS, WA atau Telegram). Salam sehat selalu.


0 komentar:

Posting Komentar